Zora - One Piece

Wednesday, February 27, 2019

INTEL VS AMD


          Jika anda ingin merakit sebuah komputer sangat dipastikan anda juga harus membeli sebuah processor. Jika MOBO (MotherBoard) diibaratkan tengkorak kepala maka processor adalah otaknya, maka dari itu kedudukan processor sangatlah penting bagi sebuah PC.
          Namun pada zaman millenial ini banyak sekali berbagai merk dari processor seperti Intel dan AMD. Keduanya ini merupakan processor yang paling sering digunakan, dan bisa dibilang mereka berdua ini berperang dalam dunia pemasaran, meskipun AMD lebih murah dari pada Intel.
          Hal yang tercepat untuk menilai processor adalah dari clock speednya. Ini dapat dijelaskan dengan sederhana dari operasi yang dapat dihandle per-detiknya (sebuah unit yang diketahui sebagai Hertz, ata Hz). Untuk jelasnya 3.0 Ghz dapat menghandle 3 milliar operasi perdetik. Tentu saja, speed bukanlah satu-satunya spesifikasi. Cache onboard dan jenis socket adalah faktor definisi yang lain. Ukuran Cache onboard bervariasi antara 512KB dan 1 MB. 1 MB biasanya lebih mahal tetapi performancenya lebih baik.
          Jenis socket menentukan motherboard yang mana dapat digunakan. Biasanya nama socket termasuk jumlah dari pin yang dipunyai processor jelasnya, socket 939 mempunyai 939 pin.
          Perbedaan performance antar processor high-end adalah merknya, dan low end processor, hal ini tidak jauh berbeda lagi. Pada waktu yang bersamaan, faktor harga juga meningkat sangat tajam dengan high end processor berharga sekitar 200 hingga 300 dollar lebih.

          Intel Corporation
           Adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di AS dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.
Intel mengganti logo dan slogannya pada 1 Januari 2006. Slogan lamanya “Intel inside” diganti dengan “Intel Leap ahead”.
Beberapa produk prosesor Intel yang ada sampai sekarang ini yaitu :
1. Intel® Pentium® 4
2. Intel® Pentium® Dual-Core
3. Intel® Core™2 Duo
4. Intel® Core™2 Quad
5. Intel® Core™2 Extrme
6. Intel® Core™ i7
AMD(Advanced Micro Devices)
           Adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosesor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika. Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja.
Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel. Pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology. Perusahaan ini adalah penyedia prosesor x86-compatible processors terbesar kedua.
AMD juga sudah dikenal oleh dunia, beberapa produknya yaitu :
1. AMD Sempron™
2. AMD Athlon™ FX
3. AMD Athlon™ 64
4. AMD Athlon™ X2
5. AMD Athlon™ X3
6. Athlon™ X4

Kesimpulan sebagai berikut :
  1. Untuk menggunakan prosesor Intel anda harus mengeluarkan banyak biaya apalagi dengan performanya tinggi yang di hasilkan oleh prosesor Intel yaitu Intel i7 dibandingkan dengan prosesor AMD anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya dan performanya juga lumanyan bagus. Oleh karena itu untuk anda yang biayanya pas-pasan pilihlah prosesor AMD tapi kalau biaya yang anda punya lebih silahkan anda memilih prosesor Intel.
  2. Prosesor Intel dan Prosesor AMD telah di uji performannya ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun sedangkan prosesor AMD hanyalah pilihan kedua anda.
  3. Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia, sebaliknya prosesor AMD menang dari prosesor Intel di gaming dan program 3D nya.
    1. Ternyata AMD memiliki fitur smart detecting contohnya ketika kita melakukan multi tasking maka AMD akan mendeteksi mana yang sedang kita gunakan, dari situ AMD akan memfokuskan kepada aplikasi yang kita gunakan sedangkan sisanyadi buat sleep sementara
    2. INTEL lebih fokus kepada kecepatan sehingga inilah yang meyebabkan INTEL lebih cepat panas di bandingkan AMD, Tetapi Intel mampu mengurangi prosess nya sendiri ketika suhu panas.
  4. Suhu Overheat sebenarnya juga tergantung kebutuhan kita makin tinggi pengerjaan nya otomatis makin cepat panas dari segi Intel ataupun amd maka dari itu biasa nya menambang fitur pendingin pada processor nya.
Perbedaan Intel dan AMD, Bahkan kabar terbaru sekarang ini :
1. Intel memiliki fitur INTEL MATRIX STORAGE ini fungsinya untuk memaksimalkan kerja processor dan membantu dalam managemen memori
2. Walaupun AMD kalah dalam berbagai test Benchmark tapi sebagaian besar para gamer memilih AMD sebagai prosesor untuk komputernya
3. Mengenai socket motherboard, jika AMD mengeluarkan socket tipe terbaru maka socket yang tipe yang sebelumnya sudah tidak akan ada di pasaran(dis-continued), berbanding terbalik dengan intel walaupun tipe lama pasti masih di support bahkan di perbarui

No comments:

Post a Comment